Banjir Diskon, Cukup Tunjukkan Jari Tinta Pemilu Anda
Jakarta-Jelang Pemilu, ratusan pengusaha menawarkan diskon pembelian produk dan layanan pada 17 April melalui "Pesta Diskon Anti-Golput" Klingking Fun.
Program sengaja dirancang untuk memberikan diskon khusus kepada setiap warga yang telah menggunakan hak suara mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia pada 17 April.
Besaran diskon yang ditawarkan usaha ritel, makanan-minuman, fashion, sinema, hingga toko dalam jaringan (online) itu pun mencapai 50 persen dengan berbagai bentuk promosi.
Sejumlah usaha yang tergabung dalam Klingking Fun antara lain Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, Ace Hardware dan Electronic City.
"Dari segi proses (bisnis), bukan hanya (usaha) offline, tapi juga online. Setelah menusuk, (masyarakat) bisa menunjukkan jari secara online. Tokopedia dan Bukalapak tergabung, klik online bisa terhubung," kata salah satu pengusaha penggagas program Klingking Fun, Shinta Kamdani di Jakarta, Senin (15/04).
Diskon di Tokopedia dan Bukalapak, lanjut Shinta, dapat diperoleh setelah pemilih menunjukkan foto jari yang telah dicelup tinta sebagai tanda penggunaan hak suara.
Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan program "Pesta Diskon Anti-Golput" berawal dari kegelisahaan terhadap kemungkinan masyarakat yang mengambil cuti dan berlibur pada 17 April tanpa menggunakan hak suara mereka.
Selain mendorong masyarakat untuk tidak golput, program itu juga menjadi langkah Bekraf untuk mengampanyekan pasar dalam negeri demi menjaga neraca perdagangan.
"Mudah-mudahan cara kreatif itu dianggap sebagai suatu pesta yang tidak berpihak kanan atau kiri. Tapi, berpihak pada kemajuan demokrasi kita," ujar Triawan.