KAI Berlakukan Pemesanan Tiket via Aplikasi

KAI Berlakukan Pemesanan Tiket via Aplikasi Aplikasi KAI Access: Istimewa

SURABAYA-PT KAI memberlakukan pelayanan reservasi (pemesanan) tiket kereta api (KA) Lokal melalui aplikasi KAI Access per 1 Sebtember 2019.

Sementara untuk penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, itupun bila tempat duduk masih tersedia. 

"Pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan," ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, Senin (26/08).

“Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal/ KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya,” imbuh Suprapto. 

KA Lokal atau Komuter PSO (Subsidi) yang dimaksud adalah di wilayah Daop 8 Surabaya, meliputi KRD Ekonomi relasi Sidotopo-Porong, KRD Ekonomi relasi Surabaya kota-Porong (PP), KRD Ekonomi Sulam relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP). 

Pun dengan KA Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP), Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP), Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP), Penataran relasi Surabaya Gubeng-Blitar (PP), Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota, Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang. 

Selain itu ada pula KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro(PP), Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP), Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP), dan Ekonom Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono (PP). 

Proses pemesanan

Untuk memesan tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru, lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA.

“Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding,” terang Suprapto mengutip laman kominfo jatim.

Bila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, sambung Suprapto, bisa menghubungi Contact Center KAI di ‪121/021-121‬ (24 jam).

"Atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di Stasiun,” tutupnya.